Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Nasi Goreng Spesial untuk Dibuat Sendiri di Rumah

Resep nasi goreng mungkin sudah Anda miliki atau kuasai. Namun, untuk membuat sepiring nasi goreng yang enak dan sedap tentu membutuhkan bumbu-bumbu yang beragam dan berkualitas. Anda mungkin merasa nasi goreng buatan sendiri terasa tidak begitu enak. Berbeda dengan rasa nasi goreng yang dijual oleh para pedagang keliling atau di warung tenda. Tentu saja para pedagang tersebut mempunyai rahasia, baik dari bumbunya maupun dari cara memasaknya, yang tidak mungkin dibagi dengan orang lain.

Namun Anda jangan khawatir karena di sini akan dijelaskan dengan gamblang cara membuat nasi goreng yang bisa membuat lidah Anda bergoyang. Anda dapat membuatnya sendiri dengan bahan-bahan yang mudah didapat. Selain itu, membuat nasi goreng sendiri tidak kalah cita rasanya dengan nasi goreng buatan pedagang di luar.

Bahan-bahan resep nasi goreng spesial

Untuk membuat sepiring nasi goreng spesial, dibutuhkan beberapa bahan utama dan bahan pelengkapnya. Untuk bahan utama, terdiri atas 1 piring nasi, 1 butir telur, 1 batang daun bawang, 2 siung bawang putih, 3 siung bawang merah, saos tomat dan garam secukupnya, cabai rawit dan merica sesuai selera, serta minyak goreng secukupnya. Untuk mengganti minyak goreng, Anda dapat menggantinya dengan margarin. Namun perlu diingat, setelah menggunakan margarin Anda tidak perlu memakai garam terlalu banyak karena margarin sudah terasa cukup asin.

Sementara itu, bahan pelengkap untuk membuat nasi goreng spesial, antara lain daging ayam, sosis, udang, atau pelengkap yang lain sesuai selera Anda. Jangan lupa dengan kerupuk berukuran kecil atau kerupuk udang serta bawang goreng untuk melengkapi masakan nasi goreng Anda. Setelah semua bahan lengkap didapat, sudah waktunya Anda membuat nasi goreng spesial di dapur rumah.

Cara membuat nasi goreng spesial

Langkah pertama, yaitu menghaluskan bawang putih, bawang merah, dan cabai. Dilanjutkan dengan menuang minyak goreng atau margarin ke dalam wajan yang sudah dipanaskan dengan api sedang. Tumis bahan yang dihaluskan tadi hingga matang dan berbau harum. Setelah itu, masukkan bahan pelengkap, seperti daging ayam, udang, bakso, atau yang lainnya. Aduk hingga merata dan matang. Tambahkan telur dan aduk hingga merata.

Selanjutnya, masukkan sepiring nasi ke dalam wajan dan aduk hingga merata, sehingga tercampur dengan bumbu dan bahan pelengkap lainnya. Tambahkan saus tomat, merica, dan garam secukupnya, lalu aduk hingga merata dan matang. Angkat dan tuangkan nasi goreng di atas sebuah piring. Lengkapi dengan irisan mentimun, tomat, kerupuk, dan bawang goreng.

Sepiring nasi goreng spesial sudah dimasak dan siap untuk dicicipi. Dijamin, nasi goreng tersebut akan menggoyang lidah siapa pun yang mencobanya, tak terkecuali Anda sendiri. Praktikkan di rumah dengan membuat resep nasi goreng.