Inspiration: Fokus pada jangka panjang

Ada perbuatan yang awalnya sangat menyenangkan, tapi justru membuat kita menderita di jangka panjang. Misalkan ada orang yang mencuri, pada awalnya mungkin ia merasakan hasil yang didapat dari mencuri itu menyenangkan. Tapi pada akhirnya ia akan merasakan bahwa mencuri itu akan mengundang musibah yang besar dimasa mendatang.

Dengan kata lain mencuri itu, menyenangkan di jangka pendek, tapi menyengsarakan di jangka panjang. Jika kita ingin menjadi orang yang bahagia, maka kita seharusnya fokus pada jangka panjang. Jika ada suatu peruatan yang terasa enak sekarang, tapi akan menimbulkan penderitaaan dimasa mendatang, maka sebaiknya kita hari-hati.

Sebagai orang yang luar biasa, kita harus membiasakan diri kita pada aktivitas yang memiliki efek positif jangka panjang. Saat anda ingin mengerjakan suatu aktifitas tanyakanlah pada diri kita “apakah pekerjaan ini memberi efek bagus jangka panjang atau tidak”. Jika berefek bagus, maka laksanakan. Jika berakibat buruk dimasa depan meskipun hal itu terasa nikmat sekarang, maka tingalkanlah.


.