Cara Mendidik Anak Menjadi Kebanggaan Orangtua

Pekerjaan orangtua tidak hanya mencari nafkah dan memberikan segala kebutuhan anak dengan lengkap. Bagi Anda yang sudah memiliki anak apalagi baru saja dikaruniai seorang anak, pendidikan terhadap anak sangatlah penting. Pendidikan pembentukan karakter memang bukan jalan yang mudah untuk ditanamkan. Namun jika sejak dini, Anda sudah mulai memupuk melalui pendidikan karakter maka dewasa kelak, anak akan menjadi sosok yang membanggakan orangtua. Pendidikan mulai diajarkan sejak anak sudah mulai mengenal lingkungan sekitar. Bagi para orangtua, Anda perlu mengetahui cara mendidik anak yang tidak identik dengan menggurui.

Pendidikan Sederhana

Untuk anak yang masih menginjak usia di bawah empat tahun masih sulit untuk diberikan arahan. Beranjak usia menuju bangku Taman Kanak-kanak maka Anda sudah harus mulai memberikan pendidikan sederhana. Tanamkanlah ajaran yang baik pada anak Anda. Usahakan untuk tidak mengatakan kalimat “Jangan” atau kalimat yang memberikan kesan negatif. Selalu berikan pendidikan yang mengarah ke positif dalam diri anak Anda.

Menghormati Orang Yang Lebih Tua

Seorang anak harus dididik agar menghormati orang yang lebih tua. Berikan arahan kepada anak bahwa setiap kali berbicara maupun bertemu dengan orang yang lebih tua untuk bersikap hormat. Berbicara dengan lembut dan tidak membentak. Jika orang dari adat Jawa maka menggunakan bahasa Jawa kromo. Kemudian dalam bersikap maka harus tahu sopan santun. Contoh ketika melewati orang yang lebih tua maka dianjurkan untuk berkata permisi.

Mendidik Tidak Dengan Cara Negatif

Penting bagi Anda sebagai orangtua untuk menghindari mendidik menggunakan cara negatif. Seperti membentak karena akan membuat anak menjadi penakut. Anda juga tidak boleh mendidik dengan cara membentak karena ketika dewasa maka sikap Anda dalam mendidik akan diturunkan di dalam diri anak Anda. Anak Anda akan mendidik cucu Anda dengan cara yang sama. Namun ada kemungkinan anak menjadi memberontak dan berbuat sesuatu yang negatif.

Penuh Perhatian

Perhatian menjadi kunci utama dalam cara mendidik anak. Menuju era modern ini, lebih banyak orangtua yang cuek terhadap kegiatan anak mereka. Ibu dan ayah sama-sama bekerja mencari nafkah. Berangkat pagi dan pulang malam. Libur hanya di hari Minggu untuk berkumpul bersama keluarga. Dari Senin hingga Sabtu, anak tidak diperhatikan. Jangan sampai terjadi pada anak Anda. Usahakan Anda bersama pasangan Anda untuk memberikan perhatian paling tidak satu dua jam mengajak anak mengobrol. Bukalah obrolan mengenai kegiatan apa yang sudah anak kerjakan hari itu. Apakah ada tugas rumah atau tidak, serta temani anak ketika belajar.

Pastikan Anda menjadi orangtua yang nyaman untuk anak Anda. Sehingga apa yang Anda berikan sebagai bekal ke depan dapat terserap sempurna. Lakukan cara mendidik anak di atas dengan penuh perasaan bukan tekanan agar anak Anda menjadi anak yang dapat membuat banyak orang tersenyum.


.