Tips Memperhatikan tumbuh kembang anak

Seorang anak harus dijaga dan dirawat agar menjadi anak yang berguna bagi agama, orangtua, bangsa dan negara. Setiap pertumbuhan dan perkembangan anak harus menjadi perhatian khusus setiap orangtua. Tentu Anda tidak ingin memiliki seorang anak yang tumbuh dan kembang dengan buruk. Pertumbuhan akan menjurus pada fisik seorang anak. Sedangkan perkembangan akan menjurus pada pendidikan seorang anak. Berikanlah perhatian yang optimal agar tumbuh kembang anak juga optimal. Kegiatan yang harus Anda lakukan adalah memberikan asupan gizi yang seimbang serta pendidikan yang terpuji. Berikut ini adalah penjelasan untuk Anda ketahui sebagai orangtua.

Pemenuhan Asupan Gizi Seimbang Anak

Sejak anak lahir ke dunia, Anda sudah wajib memberikan anak dengan asupan gizi yang seimbang. Bukan lagi empat sehat lima sempurna. Melainkan telah menerapkan prinsip asupan gizi seimbang. Cara yang Anda lakukan adalah memperhatikan setiap proporsi gizi makro maupun gizi mikro. Untuk asupan gizi makro seperti karbohidrat, lemak, dan protein harus memiliki proporsi yang tepat. Asupan gizi karbohidrat memang lebih banyak dibanding lemak dan protein, namun usahakan memiliki proporsi yang hampir sama. Untuk anak-anak sangat penting mengkonsumsi asupan protein yang lebih banyak. Sebab fungsi protein untuk pertumbuhan jaringan pada tumbuh kembang anak. Begitu juga untuk asupan gizi mikro berikanlah setiap ahri buah dan sayur. Buah dan sayur menjadi musuh besar anak-anak. Namun jika Anda sudah mengajarkan kebiasaan dan manfaat tentang gizi mikro maka pasti anak Anda akan mau mengkonsumsinya.

Pemenuhan Pendidikan Yang Tepat

Selain makanan, sangat penting memberikan bekal pendidikan yang tepat bagi anak Anda. Pendidikan akan membentuk perkembangan pikiran pada otak anak. Ajarkanlah dengan memberikan contoh langsung setiap kegiatan positif. Ajarkan pula seperti apa kegiatan negatif namun lebih banyak bekali dengan kegiatan positif. Kemudian ajak anak untuk gemar membaca dan menulis. jauhkan dari kebiasaan menonton kartun. Fakta yang terjadi di lapangan, anak-anak cenderung lebih fokus dan terdidik dengan kartun di televisi. Tanpa mengenal waktu anak-anak akan menyaksikan setiap gerakan lincah kartun-kartun yang disaksikan. Sehingga Anda harus tegas untuk hanya membolehkan melihat acara televisi pada hari Minggu. Kemudian lihat bakat apa yang tertanam dalam diri anak Anda. Ketika Anda sudah mengetahui bakat yang paling terlihat di dalam diri anak Anda, maka bantu dia untuk mengasah bakat yang dimiliki.

Menjadi orangtua itu mudah asalkan Anda sudah mempersiapkan segala sesuatu sejak dini. Terlebih persiapan dalam mendidik anak-anak. Seperti mengontrol tumbuh kembang anak agar terbentuk pribadi yang baik. Selama anak dirawat dengan kegiatan positif maka akan membentuk sosok anak yang tumbuh dengan sehat dan enerjik. Tidak luput dengan kecerdasan yang selalu terasah.


.