Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips memilih Mainan Anak murah Berkualitas

Mainan anak yang murah berkualitas tentunya menjadi kriteria mainan anak terbaik. Umumnya jika berbicara soal kualitas suatu produk, cenderung terkait dengan harganya yang mahal. Tak heran jika ada semboyan ‘ada harga, ada kualitas’. Artinya semakin tinggi kualitas suatu produk, harga yang diberandol juga pastinya akan jauh lebih mahal. Namun tidak semua produk mainan anak yang berkualitas dijual dengan harga yang mahal. Banyak juga produk mainan anak yang kualitasnya cukup bagus dan dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Mainan-mainan seperti ini banyak sekali dijumpai di toko-toko khusus yang menjual aneka ragam mainan anak. Dan juga banyak sekali mainan anak berkualitas yang dijual via online dengan menggunakan media toko online. Untuk mengetahui bagus atau tidaknya kualitas sebuah produk mainan anak-anak, berikut informasinya untuk anda.

Mainan memberi manfaat bagi anak

Pertama, mainan anak murah berkualitas dapat memberi manfaat untuk si anak. Sebagai contoh mainan lego dan buku mewarnai. Mainan lego memiliki manfaat untuk meningkatkan imajinasi, keterampilan, dan aktivitas motorik si anak. Sementera itu, buku mewarnai dapat membuat si anak lebih pandai dan bisa menjadi media untuk menunjukan ekspresi dan kondisi psikologi si anak melalui pemilihan warna dan goresan krayonnya.

Terdapat nomor produksi

Kedua, mainan anak murah berkualitas biasanya disertai nomor produksi yang dicantumkan di salah satu sisi mainan tersebut. Nomor produksi pada mainan menunjukan waktu pembuatan mainan tersebut. Ketiga, mainan dikemas dengan kemasan yang menarik dan elegan. Bandingkan dengan mainan biasa yang dijual di pasar-pasar dengan mainan yang dijual di toko khusus mainan. Dari segi tampilan kemasannya saja sudah sangat berbeda. Terlebih lagi kualitas komponen-komponen pembentuk mainan. Pastimya kualitas komponen-komponen mainan tersebut tak sebaik kualitas mainan-mainan yang dijual di pusat mainan anak, meski produknya sama.

Mainan tahan lama/ tidak murah rusak

Keempat, mainan yang murah dan berkualitas cenderung tidak mudah rusak sehingga mainan tetap awet meski dimainkan terus oleh si anak. Komponen-komponen penyusun mainan juga pastinya adalah komponen-komponen asli yang kemudian dirancang oleh pembuat mainan profesional.

Produk mainan berlabel ‘aman’ dan mencantumkan range usia

Kelima, produk mainan yang berkualitas mencantumkan label ‘aman’ dan ‘range usia’ pada kemasan. Jika sudah tercantum dua buah stiker ini, dijamin mainan tersebut aman dalam hal material, cat, dan bahan-bahan yang terkandung di dalamnya. Anda hanya perlu mengawasi anak anda saja ketika anak anda sedang bermain mainan ini. Range usia yang tercantum pada kemasan akan menjadi petunjuk bagi anda apakah mainan ini cocok untuk anak anda yang berusia sekian tahun/ bulan atau tidak. Tentu akan berbeda jenis mainan yang diberikan pada anak usia di bawah 1 tahun dengan anak yang berusia di atas 1 tahun. Nah, sekarang anda sudah mengerti kiat memilih mainan anak yang murah dan berkualitas untuk anak anda.