Tips Cerdas dalam Pemilihan Makanan Bayi Anda

Bayi adalah makhluk ciptaan Tuhan yang harus dirawat. Memiliki seorang bayi maka kewajiban penuh setiap orangtua membekali dengan jiwa dan raga yang harmoni. Namun bagi seorang bayi yang paling penting adalah perhatian Anda untuk memberikan makanan bayi yang tepat. Makanan yang mengandung gizi seimbang dan dibutuhkan dalam pertumbuhan dan juga perkembangan bayi. Sangat penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja makanan yang paling dibutuhkan oleh seorang bayi. Sebab tidak menutup kemungkinan, ibu-ibu muda saat ini masih memiliki pengetahuan yang sedikit mengenai makanan yang memang bermanfaat bagi bayi.

Asupan Karbohidrat Bagi Bayi

Karbohidrat termasuk sumber gizi yang disebut sebagai makro. Fungsi karbohidrat bagi bayi adalah untuk menyimpan energi. Bayi tentu sering bergerak dan menangis. Jika asupan energi di dlaam tubuh kurang maka bayi akan lemas. Berikanlah asupan karbohidrat berupa nasi putih, nasi merah, jagung, atau kentang. Pengolahan bukan dalam bentuk kasar melainkan halus. Lebih baik lagi jika Anda olah dalam bentuk bubur agar bayi Anda mudah dalam mengkonsumsi dan mencerna.

Asupan Protein Bagi Bayi

Protein juga termasuk gizi makro. Fungsi protein bagi bayi adalah untuk pertumbuhan jaringan baru yang sedang tumbuh. Berikan olahan kedelai seperti tahu atau tempe. Berikut telur ayam maupun ikan laut. Memberikan berbagai macam olahan protein kepada bayi Anda sangat baik. Alasannya adalah untuk melihat apakah bayi Anda mengalami alergi untuk jenis makanan berprotein tertentu.

Asupan Lemak Bagi Bayi

Lemak adalah asupan gizi makro. Fungsi lemak adalah sebagai cadangan energi ketikan energi dari karbohidrat sudah menipis. Gizi lemak untuk bayi dapat diperoleh dari kacang-kacangan maupun daging sapi. Berikan olahan asupan lemak dalam bentuk tim kepada bayi Anda.

Asupan Vitamin Bagi Bayi

Vitamin termasuk jenis asupan gizi mikro. Fungsi vitamin adalah untuk menyempurnakan asupan gizi serta sebagai memperkuat daya tahan tubuh bayi. Asupan gizi vitamin terdapat dalam sayuran maupun buah-buahan segar. Berikan sayur wortel, bayam, sawi, tomat untuk bayi Anda. sedangkan buah lebih baik berupa buah pisang, jeruk, alpukat yang memiliki kandungan vitamin C lebih banyak.

Asupan Mineral Bagi Bayi

Mineral adalah teman dari vitamin sebagai gizi mikro.juga terdapat dalam buah dan sayuran. Untuk contoh asupan mineral sama seperti asupan vitamin. Namun tambahkanlah susu sebagai sumber kalsium. Atau yogurt yang merupakan susu fermentasi menagndung bakteri baik bagi pencernaan.

Jangan terlalu irit memberikan makanan bayi kepada bayi Anda. Semakin lengkap asupan gizi yang diberikan maka semakin baik. Jangan sampai bayi Anda menjadi malnutrisi. Sebab kesehatan dan kepintaran seorang anak juga tergantung dari asupan gizi saat bayi. Sehingga Anda harus menjadi orangtua yang peduli memenuhi asupan gizi makanan yang tepat bagi bayi Anda.


.