Resep Cara Membuat Es Krim

Cita rasa es krim

Siapa yang menolak disodorin es krim? Pastinya semua orang doyan dengan pilihan minuman yang satu ini. Terlebih tak semua orang bisa mempraktekkan cara membuat es krim sendiri di rumah. Terpaksalah mereka harus mencari atau membeli dahulu panganan yang berasal dari eropa tersebut. Padahal menu ini telah terkenal sejak beberapa puluhan tahun silam di daratan eropa. Namun, di Indonesia es krim mulai populer di awal tahun 2000an. Semakin kesini, harga es krim pun mulai bervariasi dan terbilang murah. Anda bisa menemukan es krim dengan kisaran harga 1000 hingga ratusan ribu di pusat perbelanjaan. Seperti yang kita ketahui, es krim 1000an sering dijumpai di depan sekolah atau para penjaja keliling. Sedangkan es krim gelato dibandrol dengan harga puluhan hingga ratusan ribu, sesuai dengan tambahan rasa di dalamnya.

Sajian hidangan penutup

Meskipun terlihat cukup ribet, Anda ternyata tetap bisa mencoba membuatnya di rumah. Es krim sendiri sebenarnya terbuat dari krim atau dairy yang dicampurkan dengan perasa dan pemanis. Campuran inilah yang nantinya akan diaduk untuk menghindari suhu di dalamnya. Alasannya simple, agar hasil akhir tidak berbentuk seperti bongkahan kristal es yang sulit dinikmati. Dalam table manner, es krim sendiri umumnya hadir sebagai hidangan pencuci mulut atau dessert. Seiring pergeseran zaman, es krim ternyata lebih dinikmati sebagai cemilan di kala senggang. Walaupun demikian, cita rasa es krim tak ada yang bisa menandingi. Kembali ke cara membuat es krim, sebenarnya ada beberapa bahan yang harus Anda sediakan, yaitu.

Susu kental manis putih 2 kaleng

Susu putih 4 kaleng

Gula pasir 2 sdm

Putih telur 1 butir

Tepung maizena 2 sdm

Vanili 1 sdt

Setelah semua bahan-bahan dirasa terkumpul, mulailah mengolahnya menjadi es krim. Pertama-tama, campurkan semua bahan-bahan susu. Tambahkan air ke dalamnya sambil dipanaskan di atas api kecil. Sembari diaduk, cairkan tepung maizena, lalu campurkan dengan bahan-bahan sebelumnya. Sambil masih diaduk, angkat adonan es krim yang sudah setengah jadi. Masukkan ke dalamnya gula, vanili serta putih telur sambil diaduk merata. Lakukan hal tersebut hingga adonan es krim berwarna putih. Rebus adonan sembari diaduk hingga terlihat mendidih. Bila sudah mendidih, angkat adonan es krim tetapi tetap diaduk untuk menghindari terjadinya gumpalan.

Setelah dingin, masukkan ke dalam freezer atau lemari pembeku untuk disimpan. Jika sudah membeku, tambahkan topping yang diinginkan sebelum dinikmati. Topping tidak hanya bisa dinikmati, namun juga bisa menambah kesan cantik pada es krim yang akan disajikan. Anak-anak pastinya akan tertarik untuk mencicipi es krim yang Anda buat. Sangat mudah bukan cara membuat es krim sendiri di rumah Anda?


.