Resep Cara Membuat Bakso Higienis

Hati-hati bakso haram

Masih ingat dengan lagu abang tukang bakso? Makanan merakyat yang satu ini acap kali membuat kita was-was dengan pembuatannya. Tak ayal kita sering mencari cara membuat bakso dari majalah atau sekedar buku resep. Hal ini guna menghindari penggunaan daging tak halal yang kerap diberitakan di media massa. Entah percaya atau tidak, beberapa oknum nakal memang sering mengganti daging sapi dengan daging babi atau daging tikus. Sebagai konsumen yang kurang jeli, kita biasanya kesulitan untuk membedakan rasanya. Apalagi jika telah dicampurkan dengan berbagai bahan isian bakso, seperti mie, daun bawang, seledri dan lain sebagainya. Citarasa bakso yang khas juga menambah kemalasan kita untuk teliti sebelum membeli. Terkadang cap bakso enak pun membuat kita tak harus repot-repot bertanya status halalnya.

Resep membuat bakso

Sebenarnya ada cara paling mudah untuk menghindari hal tersebut, yaitu dengan membuat sendiri. Sayangnya, tak semua orang memang mengetahui cara pembuatan yang benar. Bukannya jadi bakso yang nikmat, malah bahan tersebut harus terbuang sia-sia. Tak sulit untuk mempelajari cara membuat bakso, untuk Anda para pemula berikut bahan dasar bakso.

½ kg daging sapi, giling hingg halus

100 gram tepung kanji

250 gram bawang putih, haluskan

1 sdt lada putih bubuk

1 butir telur ayam

50 gram es batu

Langkah pertama, masukkan daging yang telah dihaluskan, es batu, telur serta bumbu untuk bakso. Haluskan ke semua bahan menggunakan blender atau food processor. Campur sedikit demi sedikit tepung kanji ketika adonan masih diblender. Hal ini guna mendapatkan bahan yang telah tercampur rata ketika hendak dibentuk. Setelah semuanya dirasa tercampur, pindahkan ke dalam baskom. Lalu bentuk adonan tersebut menjadi pentolan bakso dengan ukuran yang disesuaikan.

Sembari membentuk adonan, didihkan air untuk merebus pentol. Masukkan pentol bakso hingga terapung ke permukaan air. Pentol yang sudah terapung berarti sudah siap disantap. Agar lebih nikmat, tidak ada salahnya Anda membuat kuah serta menambahkan beberapa pelengkap.

 Untuk kuah bakso, Anda bisa membuat racikannya dengan menambahkan kaldu sapi. Bila dirasa mampu, belilah beberapa balung tulang sapi atau sumsumnya. Dengan begini, Anda tak harus menggunakan kaldu buatan yang tak tentu aman untuk kesehatan. Bumbunya sendiri cukup menambahkan bawang putih halus, lada putih bubuk, pala bubuk, garam serta gula. Jika Anda memiliki resep rahasia lainnya, silahkan coba dikreasikan.

 Mengingat cuaca yang mulai sering hujan, pastinya menambah kenikmatan tersendiri menyantap bakso. Apalagi cara pembuatannya yang cukup mudah dan tak memerlukan waktu yang lama. Anda sudah bisa memuaskan keinginan bersantap hangat sekaligus menjaga kebiasaan jajan keluarga. Cukup mudah bukan cara membuat bakso bagi anggota keluarga lainnya?


.