Manfaat Buah Naga untuk Mencegah Penyakit Mematikan

Manfaat buah naga cukup banyak bagi tubuh Anda. Seseorang yang belum mengenal buah naga mungkin akan mengira jika buah ini impor dari Cina karena terkenal dengan budaya Barongsainya. Ternyata tidak, karena buah naga bisa tumbuh dan dikembangkan di Indonesia. Anda pun dapat menanamnya di pakarangan rumah sendiri. Perlu Anda ketahui, buah naga dapat dibedakan menjadi 2 macam, yaitu dari warna daging buahnya yang terdiri atas merah dan putih. Meskipun daging buahnya berwarna berbeda, tetapi khasiat yang terkandung di dalamnya masih sama. Kulit buahnya yang berwarna merah menandakan buah naga tersebut sudah matang dan siap dikonsumsi.

Kandungan nutrisi dalam buah naga

Buah naga bernama latin Hylocereus Polyrhizus dan termasuk dalam rumpun tumbuhan kaktus. Oleh karena itu, buah naga dapat dikembangbiakkan di lahan yang minim air. Terutama di daerah pegunungan yang sejuk, buah naga dapat tumbuh dengan optimal. Beberapa kandungan nutrisi dalam buah naga, antara lain kalori, protein, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin C, vitamin B1, vitamin B3, vitamin B12, serta kandungan air yang cukup banyak.

Banyaknya kandungan nutrisi tersebut membuat buah naga banyak orang yang mencarinya. Tidak sedikit orang yang membuat buah naga menjadi jenis makanan dan minuman yang menyegarkan dan rasanya sedap. Misalnya, dibuat jus buah naga, puding buah naga, selai buah naga, dan lain sebagainya. Pada musim tertentu, seperti perayaan tahun baru Imlek Cina, banyak orang dari etnis Tionghoa yang memburu buah naga. Pasalnya, warna kulit buah dan daging buahnya berwarna merah. Menurut kepercayaan mereka, warna merah tersebut sangat baik dan dapat membawa keberkahan dan keberuntungan dalam hidup.

Manfaat buah naga untuk kesehatan tubuh

Dengan mengkonsumsi buah naga secara rutin, Anda dapat mencegah beberapa penyakit yang mematikan, seperti kanker. Selain itu, kandungan vitamin dalam buah naga dapat menjaga kesehatan jantung Anda. Hal itu dikarenakan kandungan vitamin B1, B2, dan B3 sangat baik untuk organ jantung. Sementara itu, kandungan vitamin C yang cukup banyak pada buah naga memiliki zat antioksidan, sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Dengan begitu, Anda tidak akan mudah terserang penyakit.

Selain mencegah beberapa penyakit yang berbahaya, buah naga juga bermanfaat untuk merawat kesehatan kulit tubuh. Caranya, dengan menjadikan masker untuk kulit wajah atau kulit bagian tubuh yang lain. Anda cukup menghaluskan daging buah naga dengan blender, lalu tempelkan pada bagian kulit yang ingin ditreatment. Buah naga juga dapat dijadikan penambah nafsu makan, terutama untuk anak-anak yang sulit untuk diajak makan. Masih banyak lagi manfaat lain dari mengkonsumsi buah naga. Banyaknya manfaat tersebut, jangan sampai Anda melewatkan untuk mengkonsumsinya. Dengan mengkonsumsinya secara teratur, Anda dapat mengambil manfaat dari buah naga.


.