11 Fenomena Alam ter aneh di Dunia

Fenomena alam merupakan peristiwa alami atau non-artifisial (bukan buatan) yang terjadi tanpa campur tangan manusia meskipun dapat mempengaruhi manusia. Fenomena alam merupakan hal yang menakjubkan yang terjadi secara tidak terduga dan terlihat tidak mungkin bagi manusia. Terjadinya anomali cuaca, keajaiban alam, hingga bencana alam. Anomali cuaca adalah kejadian perubahan cuaca yang tidak biasa atau ekstrim, biasanya kejadian ini merupakan akibat dari perubahan iklim global dunia. Fenomena alam yang ada biasanya akan diteliti penyebabnya, biassanya beberapa ilmuan akan memiliki hasil pendapat yang berbeda, namun kadang fenomena alam juga tidak dapat dipecahkan teka tekinya oleh manusia. Fenomena fenomena alam yang aneh maupun menakjubkan, kadang ada yang menyebutnya sebagai keajaiban alam. di dunia maupun di Indonesia.

Fenomena Alam di Dunia

Terjadinya fenomena alam bisa saja karena dari pengaruh cuaca yang ekstrim ataupun karena sebab sebab lain. Berikut ini adalah fenomena yang terjadi di seluruh dunia:

1. Hujan darah yang terjadi di daerah Kerala, India. Menurut para ilmuan, terjadinya hujan darah karena adanya sejenis alga merah yang terbawa oleh uap air dan ikut jatuh ketika hujan.

2. Hujan ikan di Honduras, hujan ikan ini rutin terjadi di honduras setiap tahunnya. Para ilmuan berpendapat bahwa ikan terbawa tornado dari lepas pantai honduras.

3. Triple sun, merupakan fenomena alam dimana kita melihat matahari seolah olah menjadi 3 saat hendak tenggelam. Fenomena alam ini terjadi karena adanya pantulan fatamorgana yang terjadi oleh pembiasan piring kristal es heksagonal di langit sehingga matahari terlihat mempunyai 2 kembaran lagi.

4. Great blue hole, merupakan lubang raksasa di lautan berbentuk lingkaran hampir sempurna dengan diameter 400 meter serta kedalaman 145 meter yang terletak di sekitar kota Belize

5. Wave rock, batu yang berbentuk seperti ombak raksasa. Batu ini ada di Australia barat dengan tinggi 15 meter dan panjang sekitar 110 meter.

6. Glaiser briksdal, merupakan sebuah aliran sungai yang membeku dan masih membentuk riak gelombang air yang terletak di taman nasional Norwegia.

7. Giant crystal cave, merupakan gua dengan kristal kristal raksasa di dalamnya serta memiliki bentuk bentuk beragam

Fenomena keajaiban Alam di Indonesia


Tidak hanya di luar negeri, ternyata Indonesia memiliki beberapa keajaiban fenomena alam yang memukau, antara lain:

1. Danau Kelimutu, terletak di NTT, danau vulkanik ini memiliki 3 warna berbeda di masing masing kawah danaunya yang dapat berubah ubah sewaktu waktu.

2. Ubur ubur tanpa sengat di danau Kakaban, Kaltim. Di danau ini terdapat 4 jenis ubur ubur yang tidak memiliki sengat.

3. Pasir putih di lembah Baliem, Papua. Lembah yang terletak di dataran tinggi ini memiliki pasir putih karena awalnya merupakan sebuah danau.

4. Ombak bono di sungai Kamapar, Riau. Terkenal oleh peselancar dunia karena ombak di sungai ini memiliki tinggi 4-6 meter. Terbentuknya gelombang karena pertemuan arus sungai kampar dengan arus laut Cina selatan.

Demikian adalah beberapa keajaiban yang ada di dunia maupun di Indonesia yang diakibatkan oleh fenomena alam.


.