Cara Menghilangkan Bekas Luka secara Alami

Cara menghilangkan bekas luka perlu Anda ketahui agar dapat memuluskan kembali kulit tubuh Anda. Tidak jarang seseorang akan merasa malu atau minder karena terdapat bekas luka yang cukup besar dan sulit untuk dihilangkan. Misalnya, bekas luka di bagian wajah, tangan, atau kaki. Terutama bagi wanita, bekas luka tersebut tentu akan mengganggu penampilannya. Oleh karena itu, mereka dengan akan menghilangkan bekas luka tersebut dengan berbagai cara.

Tidak sedikit di antara mereka menggunakan obat-obatan yang mengandung bahan kimiawi, yaitu dengan cara mengoleskannya di bekas luka tersebut. Bagi yang berkulit sensitif, obat luar tersebut tidak menutup kemungkinan bisa membuat iritasi kulit, dengan gejala gatal-gatal, kulit kemerahan, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, Anda yang memiliki bekas luka di tubuh, sebaiknya memakai cara alami yaitu dengan menggunakan bahan-bahan dari alam yang ada di sekitar Anda. Lalu, apa saja bahan-bahan alami tersebut? Berikut sedikit uraiannya untuk Anda.

Mentimun

Salah satu cara menghilangkan bekas luka, yaitu dengan mentimun. Mentimun mengandung vitamin C adn potasium yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas di tubuh manusia. Selain itu, mentimun mengandung air yang cukup banyak sehingga sangat menyegarkan saat dikonsumsi sebagai lalapan atau jus mentimun. Bahkan, dari sebuah penelitian menyimpulkan bahwa mentimun mengandung silika yang dapat memproduksi kolagen yang bermanfaat untuk mencegah munculnya keriput pada kulit. Anda pun dapat memanfaatkan mentimun untuk menghilangkan bekas luka.

Caranya cukup mudah, yaitu haluskan mentimun dengan diblender hingga lembut. Selanjutnya, oleskan pada bekas luka di bagian tubuh tertentu dan diamkan selama semalam. Setelah bangun tidur di pagi hari dan bersihkan. Lakukan secara teratur agar bekas luka di tubuh Anda menghilang secara permanen.

Madu

Sejak zaman dulu, sudah banyak orang memanfaatkan madu untuk mengobati penyakit pada tubuh, baik penyakit luar ataupun penyakit dalam. Rasanya yang manis dan berwujud kental membuat banyak orang menjadikannya sebagai campuran untuk membuat makanan atau minuman yang menyegarkan dan menyehatkan. Sementara itu, manfaat madu bagi eksehatan, antara lain dapat merangsang regenerasi sel tubuh, mengurangi rasa nyeri akibat peradangan, dan menghilangkan bekas luka.

Untuk menghilangkan bekas luka, Anda cukup mengoleskan madu pada bagian bekas luka. Diamkan sekitar 20 – 30 menit, kemudian bilas hingga bersih dengan air hangat. Lakukan beberapa kali dalam sehari hingga bekas luka tersebut hilang.

Teh hijau

Para ahli kesehatan sudah menyimpukkan bahwa daun teh hijau mengandung zat antioksidan yang bernama Epigallocatechin Gallate. Kandungan antioksidan ini sangat bermanfaat untuk mengurangi peradangan pada kulit tubuh dan menyembuhkan bekas luka akibat jerawat di wajah. Caranya cukup mudah, yaitu celupkan handuk kecil pada seduhan daun teh hijau. Selanjutnya, usapkan pada bagian wajah Anda secara lembut dan merata. Lakukan beberapa kali secara rutin hingga bekas jerawat di wajah Anda menghilang. Itulah beberapa cara menghilangkan bekas luka.


.