Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep cara Membuat Kue Basah

Bila Anda adalah seorang pecinta sajian kue basah, Anda wajib mencoba resep kue basah terutama jika Anda ingin bisa membuat kue basah sendiri di rumah Anda. Resep yang bisa Anda coba jika Anda ingin membuat kue basah tentu saja resep yang bisa Anda ikuti dengan mudah tanpa harus mengalami kesulitan berarti. Jika Anda ingin bisa membuat kue basah sendiri untuk keluarga Anda, berikut adalah bahan-bahan yang Anda butuhkan serta hal-hal yang perlu Anda lakukan untuk membuat kue basah untuk keluarga Anda tercinta.

Resep Kue Basah Kukus Susu dan Bahan-bahan yang Diperlukan

Jika Anda berniat untuk membuat kue basah, salah satu resep kue basah yang bisa Anda coba adalah resep untuk kue basah kukus susu. Untuk membuat kue basah kukus susu, ada berbagai bahan yang Anda perlukan termasuk 200 gr gula palem dan 175 gr air kelapa serta 200 gr tepung beras. Selain bahan-bahan tersebut, 1/2 sendok teh ragi instan, 80 gr tepung terigu, 1 sendok teh garam, dan 25 gr tepung kanji juga termasuk dalam bahan-bahan yang Anda perlukan jika Anda ingin membuat kue basah kukus susu. Bahan lain yang Anda perlukan untuk membuat kue basah kukus susu yaitu 1 sendok teh bumbu spekuk, 1 sendok teh baking powder, dan 250 mililiter susu.

Resep Kue Basah dan Langkah-langkah Pembuatan Kue Basah Kusus

Untuk membuat kue basah kukus susu, hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu merebus gula palem serta air kelapa yang sudah Anda siapkan tadi. Pastikan Anda merebus kedua bahan tersebut sampai benar-benar mendidih. Setelah kedua bahan tersebut mendidih, Anda bisa mengangkatnya kemudian membiarkannya sampai keduanya menjadi hangat-hangat kuku. Setelah rebusan air kelapa dan gula palem tersebut menjadi hangat-hangat kuku, Anda bisa menuangnya ke dalam tepung beras kemudian. Setelah itu, uleni sampai kalis kemudian dinginkan.

Setelah dingin, Anda bisa memasukkan ragi instan, garam, tepung terigu, serta bumbu spekuk dan baking powder serta susu. Jangan lupa bahwa bahan-bahan tersebut harus dikeplok-keplok setelah Anda memasukkannya. Semua bahan tersebut harus dikeplok-keplok selama 15 menit. Setelah itu, diamkan selama 25 menit. Setelah 25 menit berlalu, Anda bisa menuangnya ke dalam cetakan kue mangkuk. Jika sudah tertuang ke dalam cetakan, Anda bisa mengukusnya selama 20 menit dan kue basah kukus susu pun siap tersaji. Hal terakhir yang bisa Anda lakukan setelahnya yaitu menyajikannya kepada keluarga Anda di meja makan di kediaman Anda. Jika Anda adalah seorang pecinta sajian kue basah, dengan resep kue basah, Anda bisa membuat kue basah yang Anda sukai dengan cukup mudah.