Resep Martabak Telor Super Lezat Khusus untuk Anda

Resep martabak telor dapat menjadi andalan menu untuk makan sekeluarga atau sekedar cemilan di sore hari yang nikmat dan sedap. Anda sendiri pun dapat membuatnya sendiri di rumah karena bahan-bahannya dapat didibeli dengan mudah dan harganya terjangkau. Mungkin Anda sudah terbiasa membeli martabak telor di luar karena memang cita rasanya sangat lezat untuk menggoyang lezat. Namun, sebuah martabak telor yang lezat tentu saja memiliki bahan-bahan untuk adonannya yang pesesial. Selain itu, cara membuatnya juga ada teknik tertentu agar kematangan martabak telor cukup, yaitu tidak terlalu garing dan tidak terlalu basah. Dengan begitu, sebuah martabak telor dapat dicicipi dengan nikmat.

Bahan-bahan resep martabak telor spesial

Perlu Anda ketahui bahwa bahan martabak telur dibedakan menjadi 3, yaitu bahan kulit martabak, bahan isi martabak, dan bahan saos martabak. Semua bahan tersebut harus tersedia lengkap agar martabak telor disajikan secara lengkap.

Untuk bahan kulit martabak, antara lain 200 gram tepung terigu, 30 gram minyak sayur sebagai campuran adonan. Garam sekitar setengah sendok teh, 160 ml air matang. Sementara untuk bahan isi martabak, antara lain 250 gram daging sapi cincang, 2 siung bawang putih yang sudah dicincang halus, 4 siung bawang merah yang sudah diiris halus, 1 batang daun bawang yang sudah diiris halus, dan 1 buah bawang bombay yang juga sudah diiri halus. Selain itu, jangan lupakan setengah sendok teh lada halus dan 2 – 3 butir telur ayam atau bebek untuk campuran adonan.

Untuk saus martabak, sediakan 2 sendok makan air matang, 2 sendok makan kecap asin, 1 sendok makan saus tomat, 1 sendok makan saus sambal, 1 sendok teh air asam Jawa, serta gula pasir dan garam secukupnya. Untuk membuat saus martabak telor, Anda hanya mencampurkan bahan-bahan tersebut hingga rata.

Mempraktikkan resep martabak telor spesial

Langkah pertama, yaitu membuat kulit martabak telor dengan cara sebagai berikut. Campurkan semua bahan untuk membuat kuli martabak telor hingga merata. Bentuk bulat, lalu olesi adonan dengan minyak sayur. Diamkan sekitar 10 menit.

Langkah kedua, yaitu membuat isi martabak telor dengan cara sebagai berikut. Tumis bawang merah, bawang putih, dan bawang bombay hingga harum. Selanjutnya, masukkan daging sapi cincang dan tumis hingga matang. Masukkan bahan-bahan isi martabak telor yang lain, sambil diaduk hingga daging matang dan tercampur merata.

Langkah ketiga, yaitu membuat martabak telor dengan menggunakan kulit dan isi bahan yang telah dibuat sebelumnya. Ambil 1 adonan kulit dan tipiskan dengan kedua tangan. Selanjutnya, ambil sekitar 3 sendok bahan isi, lalu campur dengan 1 – 2 butir telur atam atau bebek secara merata, sesuai selera masing-masing. Tuangkan adonan isi yang sudah tercampur dengan merata di atas bahan kulit yang sudah ditipiskan. Lipat menjadi bentuk segi empat, kemudian goreng hingga matang.

Saat menggoreng, Anda cukup memanaskan wajan penggorengan dengan api sedang. Jangan terlalu panas untuk mengantisipasi martabak telor menjadi gosong. Bolak-balik hingga semua sisi martabak telor matang, kemudian tiriskan. Iris-iris martabak telor menjadi beberapa bagian dan hidangkan dengan sausnya yang sudah dibuat. Itulah resep martabak telor.




.