Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Martabak Manis yang Bisa Menggoyang Lidah

Resep martabak manis bisa Anda dapatkan dengan mudah di majalah, tabloid, atau di dunia maya. Namun, tidak ada salahnya jika resep membuat martabak manis yang enak dan lezat sedikit dibagi dalam artikel ini. Mungkin di sekitar tempat tinggal Anda ada penjual martabak manis yang sudah menjadi langganan. Secara tidak langsung saat membeli, Anda sebenarnya bisa memperhatikan pedagang martabak manis saat memasaknya. Namun, bahan dasar untuk membuat martabak manis tentu Anda belum mengetahuinya. Oleh karena itu, bacalah sedikit uraian di bawah ini untuk mengetahui lebih lengkap untuk membuat martabak manis.

Bahan-bahan resep martabak manis spesial

Perlu Anda ketahui bahwa terdapat 2 bahan untuk membuat sebuah martabak manis yang super lezat, yaitu bahan utama adonan dan bahan untuk isi martabak. Untuk bahan utama adonan, Anda perlu menyiapkan 2 butir telur yang sudah dikocok, gula pasir sekitar 125 gram, ragi instan sekitar setengah sendok teh, pasta vanili sekitar seperempat sendok teh, garam sekitar setengah sendok teh. Selain itu, jangan lupakan margarin cair 1 sendok makan, tepung terigu sekitar 500 gram, 600 ml air, dan 1 sendok baking powder.

Sementara untuk bahan isi martabak manis, Anda dapat menyiapkan 100 gram keju cheddar dan 60 ml susu kental manis putih. Namun, saat ini sebuah martabak manis dapat divariasikan isinya, seperti coklat, pisang, dan lain sebagainya. Anda pun dapat memilih dan membuatnya sesuai selera masing-masing.

Cara membuat martabak manis

Pertama, campurkan tepung terigu, telur, margaris cair, gula pasir, garam, ragi instan, dan pasta vanili hingga tercampur merata. Tuangkan sedikit air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk agar adonan tercampur dengan merata. Selanjutnya, kocok adonan dan campurkan baking powder hingga merata. Diamkan adonan martabak manis tersebut sekitar 40 menit dengan wadah yang ditutup rapat.

Setelah menunggu adonan siap, panaskan wajan yang diolesi margarin secukupnya. Jika Anda tidak memiliki wajan khusus menggoreng martabak manis seperti pedagang di luar sana, pakai saja wajan berikuran kecil yang ada di rumah. Selanjutnya, tuang adonan hingga merata di permukaan wajan. Tunggu hingga keluar gelembung pada permukaan adonan, lalu ditutup. Setelah dirasa matang segera angkat.

Sebagai langkah terakhir, oleskan permukaan martabak manis dengan margarin, lalu berikan parutan keju di atasnya, dan tuangkan susu kental manis putih secara merata. Anda juga dapat mengisi dengan bahan lain yang sesuai dengan selera. Belah martabak manis menjadi 2 bagian, kemudian lipat menjadi bentuk setengah lingkaran. Selesailah membuat martabak manis seperti yang dijual di luar. Bukan hanya sama bentuknya, tetapi juga rasanya. Martabak manis buatan sendiri sudah siap untuk dicicipi. Buktikan saja sendiri dengan mempraktikan di rumah dari resep martabak manis.