Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Cara Membuat Puding Coklat Berpadu Vla

Lezatnya puding coklat

Puding coklat seringkali dijadikan menu penutup di akhir jamuan makan. Rasanya yang khas membuat siapapun tergila-gila dengan puding coklat. Tak jarang kita menemukan resep puding coklat dari berbagai chef ternama. Biasanya puding coklat pun disajikan bersama vla plain atau berasa vanila untuk menyeimbangkan manis dari coklat itu sendiri. Cara pembuatannya pun sebenarnya tak sulit, bahkan anak kosan pun bisa membuatnya sendiri. Anda pun tentunya bisa membuat sendiri di rumah, tanpa harus buang-buang uang membeli. Tinggal menyediakan bahan-bahan dasar puding serta vla bila ingin terasa lebih enak. Tak ada yang menolak untuk mencicipi puding coklat bercitarasa khas jika sudah disuguhkan. Anda pastinya juga tak heran kalau puding coklat akan habis lebih cepat dari sebelumnya. Selain puding coklat, sebenarnya banyak variasa puding buah yang hadir di beberapa bakery shop. Hanya saja kepopulerannya masih kalah dengan puding coklat yang lebih nikmat dijadikan teman mengobrol.

Campuran puding dan vla

Bagi Anda yang hobi mencoba beberapa resep, tak ada salahnya membuat resep satu ini. Anda tak hanya bisa menguji kemampuan memasak, namun juga dijadikan cemilan anggota keluarga. Apalagi jika semuanya sedang merasa lapar atau tak ada makanan yang bisa dinikmati. Untuk membuatnya, Anda bisa menyediakan beberapa bahan dari resep puding coklat berikut di rumah.

1 bungkus agar-agar tanpa rasa atau plain

200 gram coklat, kalau bisa dark chocolate, lelehkan

1 butir telur, kocok lepas

50 gram gula pasir, tambah jika ingin lebih manis atau kurangi

400 ml air

100 ml susu kental manis rasa vanila

Jika Anda ingin menambahkan vla, maka Anda bisa menyediakan bahan-bahan sebagai berikut.

1 butir telur, kocok lepas

200 ml susu kental manis vanila

1 sdt tepung maizena

Vanila bubuk secukupnya

Garam secukupnya

300 ml air

Untuk langkah awal, Anda bisa membuat vla puding agar bisa didinginkan. Cara membuat vla adalah campur tepung maizena, vanila bubuk dan garam di dalam panci. Aduk semua bahan hingga tercampur rata, lalu tambahkan susu kental manis dan air. Ambil 2 sendok makan adonan fla untuk dicampur bersama telur. Masukkan kembali campuran tersebut ke dalam adonan yang direbus. Terus aduk bahan fla hingga mendidih dan mengental. Bila sudah mendidih, angkat lalu dinginkan di suhu ruang. Sedangkan untuk membuat puding coklat, pertama-tama masak air, agar-agargula pasir serta susu kental manis. Aduk semua bahan hingga tercampur rata. Tambahkan ke dalamnya coklat yang telah dilelehkan, aduk kembali hingga rata. Ambil 2 sendok makan adonan puding, campurkan dengan telur, aduk rata.

Masukkan kembali ke dalam adonan yang sedang dimasak, lalu aduk hingga merata. Bila sudah mendidih, angkat adonan dan tuang ke dalam cetakan puding yang telah disediakan. Masukkan ke dalam kulkas atau biarkan hingga membeku di suhu ruang. Ketika ingin menyantap, Anda tidanggal menuangkan vla ke atas puding tersebut. Selamat mencoba resep puding coklat Anda.