Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Susu Kedelai yang Luar Biasa bagi Tubuh Anda

Manfaat susu kedelai bagi kesehatan tubuh sangat luar biasa. Pasalnya, susu kedelai rendah lemak hewani, tetapi tinggi protein nabati. Oleh karena itu, saat ini cukup banyak orang yang mengkonsumsi susu kedelai sebagai pengganti susu sapi. Terutama bagi mereka yang alergi terhadap kandungan nutrisi dalam susu sapi, dapat mengkonsumsi susu kedelai sebagai alternatif pilihannya. Apalagi untuk anak-anak, meminum susu kedelai secara teratur dapat membantu tumbuh kembangnya. Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda mulai saat ini meminum susu kedelai setiap hari. Lalu, apa saja kandungan dan manfaat susu kedelai? Untuk lebih jelasnya, perhatikan uraian di bawah ini.

Kandungan nutrisi dalam susu kedelai

Beberapa bahan atau zat nutrisi yang terkandung dalam susu kedelai, antara lain karbohidrat, serat, vitamin E dan vitamin K, asam lemak esensial, dan sejenis asam amino yang banyak dalam terkandung dalam susu kedelai yang disebut Lisin. Semua nutrisi tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk tumbuh, berkembang, dan menjaga kesehatan tubuh.

Perlu Anda ketahui bahwa kacang kedelai mengandung sembilan asam amino esensial yang termasuk dalam protein yang dibutuhkan tubuh manusia. Asam amino tersebut akan diubah menjadi protein untuk memperbaiki sel-sel tubuh, menumbuhkan kembali sistem kekebalan tubuh, dan membantu meningkatkan stamina dan energi. Banyaknya manfaat kedelai, membuat sebagian orang memanfaatkan untuk dijadikan sebuah makanan atau minuman, salah satunya menjadi susu kedelai.

Selain mengandung protein, vitamin dan minerak juga terkandung dalam susu kedelai yang sangat dibutuhkan tubuh Anda. Beberapa vitamin dan mineral yang terkandung dalam susu kedelai, antara lain kalsium, zat besi, riboflavin, dan vitamin B12.

Manfaat susu kedelai bagi tubuh Anda

Kandungan gizi dan nutrisi di dalam segelas susu kedelai yang beragam dan sangat bermanfaat, tentu saja sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Beberapa manfaat susu kedelai, antara lain sebagai berikut.

Pertama, mencegah penyakit jantung. Seseorang yang menderita penyakit jantung biasanya peredaran darahnya di jantung mengalami hambatan atau tersumbat oleh timbunan lemak dan kolesterol. Oleh karena itu, penderita penyakit jantung disarankan untuk melakukan diet sehat dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang rendah lemak jenuh. Salah satu caranya dengan meminum susu kedelai.

Kedua, menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungan protein yang cukup tinggi dapat menurunkan tekanan darah tinggi yang diderita seseorang. Selain itu, mineral dan vitamin yang terkandung di dalamnya sangat bermanfaat untuk menjaga kestabilan tekanan darah pada tubuh seseorang.

Ketiga, mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Susu kedelai yang rendah lemak jenuh dan kaya protein tidak akan menyebabkan timbunan lemak dan kolesterol yang bisa menutupi peredaran darah dalam tubuh. Dengan meminumnya secara rutin setiap hari, kolesterol jahat sedikit demi sedikit akan terkikis dari dalam tubuh. Itulah beberapa manfaat susu kedelai.