Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil yang Perlu Anda Ketahui

Makanan sehat untuk ibu hamil terdiri atas berbagai bahan makanan yang berizi dan bernutrisi. Tujuan utamanya adalah untuk menjaga kesehatan sang ibu beserta janin yang dikandungnya. Dengan begitu, perkembangan janin di dalam perut dapat tumbuh dan berkembang dengan sehat. Sementara ibu yang mengandungnya, tidak mengalami gangguan kesehatan saat hamil. Ada beberapa jenis makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Namun, saat ini memang sudah banyak makanan instan cepat saji yang khusus diperuntukkan untuk ibu hamil. Anda pun bisa mengkonsumsinya, tetapi alangkah baiknya jika mengkonsumsi makanan yang masih alami dan segar. Makanan alami seperti itu masih segar, sehat, serta nutrisinya belum hilang. Lagipula, makanan alami bebas akan bahan pengawet dan kimiawi yang bisa membahayan ibu hamil beserta janin yang dikandungnya. Lalu, apa saja makanan sehat untuk ibu hamil? Berikut uraiannya.

Telur

Di dalam sebuir telur ayam, mengandung 12 vitamin, mineral, dan protein yang sangat dibutuhkan untuk ibu hamil. Selain itu, telur mengandung Kolin yang bermanfaat untuk pertumbuhan janin dan kesehatan otaknya, serta mencegah cacat saraf bawaan. Bahkan, telur mengandung lemak Omega 3 yang juga penting untuk perkembangan otak dan penglihatan sang janin dalam perut ibu.

Ikan salmon

Ikan salmon merupakan salah satu makanan sehat untuk ibu hamil yang kaya akan protein berkualitas tinggi dan sumber lemak Omega 3. Oleh karena itu, ikan salmon sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Namun demikian, jangan mengkonsumsi ikan salmon terlalu banyak untuk mengantisipasi kandungan merkuri yang mungkin masih terdapat pada bagian ikan.

Kacang-kacangan

Ada cukup banyak jenis kacang yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil, seperti kacang buncis, kacang panjang, kacang merah, kacang kedelai, dan lain sebagainya. Kacang-kacangan tersebut selain mengandung protein nabati juga zat besi, folat,kalsium, dan seng.

Sayuran hijau

Sayuran hijau yang masih segar sangat baik untuk dikonsumsi wanita hamil. Pasalnya, sayuran tersebut mengandung banyak nutrisi, seperti serat, vitamin, zat besi, dan folat. Sebagai contoh, sayuran bayam yang berwarna hijau tua. Untuk dikonsumsi ibu hamil, biasanya dimasak sayur bening bayam tanpa banyak bumbu dan rasanya menyegarkan.

Buah-buahan

Secara umum, buah-buahan segar sangat baik untuk semua orang, tak terkecuali ibu hamil. Kandungan vitamin yang cukup banyak sangat penting sebagai asupan nutrisi di dalam tubuh. Selain itu, zat antioksidan dan kandungan airnya juga bermanfaat untuk pertumbuhan janin dan ibu hamil.

Daging merah tanpa lemak

Daging merah merupakan sumber protein hewani yang cukup tinggi. Namun ingat, jangan mengkonsumsi yang berlemak karena kandungan kolesterol jahatnya cukup tinggi. Untuk ibu hamil, cukup mengkonsumsi daging merah seminggu sekali atau menurut petunjuk dari dokter atau bidan yang mendampinginya.

Dari sedikit uraian di atas, semoga Anda para ibu hamil dapat mendapatkan informasi yang bermanfaat. Itulah beberapa makanan sehat untuk ibu hamil.