Khasiat dan Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan

Khasiat dan manfaat kulit manggis setelah diteliti ternyata banyak sekali terutama bagi kesehatan tubuh. Manggis (Gracinia Manggostana L) merupakan buah tropis yang memiliki cita rasa manis dan asam segar, buah ini merupakan Kandungan dalam kulit manggis yang kaya manfaat ternyata diakui oleh banyak ahli memiliki banyak khasiat bagi kesehatan dibandingkan dengan herbal yang lain. Berikut adalah kandungan yang dimiliki oleh kulit manggis serta khasiat dan manfaat kulit manggis.

Kandungan Kulit manggis

Dalam penelitian tentang kandungan yang dimiliki kulit manggis, ternyata terdapat banyak sekali zat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kulit buah manggis memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, antioksidan itu ada dalam zat xanthone yang tidak dapat ditemukan pada jenis buah buahan yang alain. Selain antioksidan, xanthone memiliki sifat antiinflamasi, antiproliferatif, serta bersifat antimikrobal. Kandungan antioksidan pada xanthone kulit manggis jauh lebih tinggi dibandingkan vitamin E dan vitamin C.

Selain xanthone, terdapat kandungan 3-isomangoestein, alpha mangostin, Gamma-mangostin, Garcinone A, Garcinone B, C, D dan garcinone E, maclurin, mangostenol di dalam kulit manggis. Kandungan tersebut memiliki sifat antikanker di dalam sel tubuh. Kandungan kandungan tersebut hanya dapat diperoleh di dalam buah dan kulit manggis. Antiosidan yang ada di dalam kulit manggis ternyata jauh lebih efektif dan lebih kuat dibandingkan dengan antioksidan yang dimiliki buah lain. Zat zat yang terkandung dalam kulit manggis memiliki banyak khasiat bagi tubuh, manfaat tersebut akan dibahas di bab selanjutnya.

Manfaat Kulit Manggis

Memiliki kandungan yang tidak dapat ditemukan dalam buah buahan yang lain, berikut adalah khasiat dan manfaat kulit manggis yang dapat ditemukan:

1. Kandungan dalam kulit manggis memiliki kelebihan yaitu mencegah kanker. Dengan memperbaiki sel sel yang rusak pada tubuh, xanthone yang ada dalam kulit manggis mampu mencegah terbentuknya sel sel kanker. Kanker terjadi karena adanya kelainan pada jaringan sel biasanya disebabkan oleh kelainan struktur DNA pada sel tubuh. Kandungan antikanker yang ada dalam kulit manggis ini terbukti dapat mencegah resiko kanker yang terjadi.

2. Kandungan dalam kulit manggis ternyata dapat membantu orang mengurangi resiko penyakit pada sistem syaraf utama, mengkonsumsi kulit manggis secara teratur dapat mengurangi resiko penyakit yang diakibatkan oleh gangguan syaraf seperti sakit kepala dan sulit tidur.

3. Kandungan anti inflamasi pada kulit manggis memiliki khasiat sebagai pengurang resiko radang sendi (inflamasi) pada persendian.

4. Dengan kandungan yang ada dalam zat xanthone pada kulit manggis, dapat membantu memperbaiki sel serta mempercepat penyembuhan luka luar maupun dalam. Gejala peradangan organ vital seperti paru paru, lambung, serta jantung dapat ditekan dengan mengkonsumsi kulit manggis secara teratur.

5. Anti oksidan yang tinggi pada kulit manggis membantu meregenerasi sel pada kulit sehingga kulit menjadi lebih cerah dan sehat.

Demikian adalah hal yang dapat diperoleh dalam khasiat dan manfaat kulit manggis.


.