Jenis Mainan Anak Balita Sesuai dengan Usia

Mainan anak balita perlu diperhatikan keamanannya dan fungsinya sebelum Bunda berikan pada buah hati anda. Namun terkadang banyak orang tua memberikan mainan yang sebenarnya kurang tepat untuk anaknya. Mungkin karena latar belakang ketidaktahuan orang tua, tak sedikit orang tua tidak tahu jenis mainan yang tepat untuk seusia buah hati mereka. Nah, sebagai pengetahuan saja, berikut ini terdapat beberapa jenis atau contoh mainan untuk bayi dan balita sesuai dengan perkembangan usia mereka.

Usia 4-6 bulan

Di usia 4 bulan, bayi sudah bisa mengamati apa saja yang ada di sekitarnya. jadi perlu bagi bunda untuk memberikan mainan yang dapat merangsang gerak motorik anak bunda. Contoh mainan yang dapat merangsang gerak motorik bayi adalah mainan yang dapat berputar, mainan yang bersuara, dan mainan yang berwarna-warni.

Usia 6-9 bulan

Balita yang berusia antara 6-9 bulan sudah bisa merangkak dan memegang suatu benda. Nah, untuk melatih kemampuan tangan si balita, beriah mainan yang mudah digenggam. Bunda juga bisa mengajaknya bermain mengambil sesuatu dari kantong atau bermain spaghetti.

Usia 9 bulan

Nah, untuk bunda yang memiliki balita berusia 9 bulan, berilah anak bunda bola plastik yang aman dan menarik. Atau beri dia guling kecil yang ringan agar dapat dimainkan.

Usia 9 bulan-1 tahun

Di usia 9 bulan, balita sudah bisa merangkak, sedang di usia 1 tahun, bayi sudah bisa berdiri dan berjalan. Mainan yang bisa anda berikan bisa berupa bola atau mainan apa saja yang aman untuk bayi. Karena anak anda sudah bisa berdiri, anda bisa letakan mainan –mainan tersebut di atas kursi atau meja agar si anak dapat menjangkaunya dengan berdiri.

Usia 1-3 tahun

Nah, masa ini adalah masa dimana si anak memiliki kemampuan cepat dalam hal merespon rangsangan dari luar. Sebagai ibu , anda harus pandai memilih mainan-mainan yang dapat memberikan keterampilan baru, mengasah imajinasi, melatihnya untuk berkomunikasi, dan membantunya untuk memecahkan masalah. Lantas, mainan anak balita seperti apa yang sebaiknya diberikan untuk anak seusia ini? ada banyak sekali contohnya,misalnya saja mobil-mobilan, sepeda, boneka untuk mengasah kemampuan komunikasinya, puzzle, krayon dan buku mewarnai, dan masih banyak mainan lainnya.

Usia 3-5 tahun

Anda jangan senang dulu jika melihat anak anda yang berusia 3-5 tahun sudah pandai bercakap-cakap dan kemampuannya berkembang pesat. Anda wajib tetap menstimulasi agar kemampuannya terus dan terus berkembang. Maka dari itu pilihlah mainan-mainan yang bisa meningkatkan keterampilan khususnya menjelang masa sekolah. Beberapa contoh mainan yang sangat cocok untuk anak balita usia 3-5 tahun adalah krayon dan buku mewarnai, puzzle angka dan huruf yang lebih rumit, mainan masak-masakan, kostum seperti kostum dokter-dokteran, kostum gurum kostum astronot, kostum polisi, dan masih banyak contoh lain mainan anak balita.


.