Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Berolahraga & Makanan Bernutrisi

Cara menurunkan berat badan dapat Anda praktikkan dengan mudah, praktis, dan efisien. Tanpa harus menyiksa diri karena harus melakukan diet ketat yang menyiksa serta berolahraga dengan porsi yang berat. Hal itu hanya akan membuat stamina Anda turun secara drastis, jika tidak diimbangi dengan mangkonsumsi makanan yang cukup banyak. Akibatnya, tidak menutup kemungkinan Anda akan terkapar tidak berdaya di rumah sakit karena menderita penyakit tertentu. Lalu, bagaimana cara menurunkan berat badan yang cepat tanpa menyiksa tubuh? Berikut uraiannya untuk Anda.

Berolahraga secara teratur

Perlu diingat bahwa berolahraga tidak perlu memaksakan diri. Anda hanya membutuhkan sekitar waktu 30 – 45 menit untuk berolahraga dengan porsi yang ringan dahulu, bagi Anda yang masih pemula. Memang, pembakaran lemak dan kalori saat berolahraga ringan seperti itu tidak optimal. Namun, jika dilakukan secara teratur dan disiplin tentu saja timbunan kalori dan lemak di dalam tubuh Anda akan terkikis sedikit-demi sedikit.

Macam olahraga yang bisa Anda praktikkan, antara lain berjalan kaki baik dengan ritme yang lamban atau santai, sedang, ataupun cepat. Silakan Anda melakukannya sesuai kondisi tubuh dan stamina masing-masing. Sementara untuk waktunya, minimal lakukan selama 45 menit selama 3 kali seminggu. Selain jalan kaki, Anda dapat melakukan olahraga jogging, yaitu berlari-lari di pagi hari sambil menghirup udara segar. Sebelum melakukannya, Anda harus melakukan pemanasan terlebih dahulu, terutama pada bagian kaki. Anda dapat mereganggkan otot di sekitar pergelangan kaki, betis, dan paha. Untuk waktunya, bisa Anda lakukan minimal 30 menit selama 3 kali seminggu.

Mengkonsumsi makanan yang bergizi dan bernutrisi

Anda bisa saja melakukan diet sebagai cara menurunkan berat badan. Namun, diet yang Anda lakukan jangan sampai terlalu ekstrem. Anda cukup menurunkan porsi makan setiap harinya, saat makan pagi, siang, dan malam. Terutama makanan yang mengandung lemak, kalori, dan karbohidrat yang berat. Sebagai gantinya, Anda bisa memperbanyak makan sayuran dan buah-buahan segar dalam setiap menu makan. Itulah cara diet yang sehat serta tidak menyiksa tubuh. Berbagai macam sayuran dan buah-buahan kaya akan kandungan protein, mineral, zat besi, vitamin, dan yang lainnya. Semua nutrisi tersebut sangat dibutuhkan untuk tubuh. Oleh karena itu, saat melakukan diet sehat jangan sampai melupakan makanan tersebut.

Jangan pernah lupakan untuk mengkonsumsi air putih yang sehat dan bermineral. Air putih seperti itu sangat dibutuhkan tubuh sebagai asupan cairan agar tidak mengalami dehidrasi saat program penurunan berat badan. Pasalnya, tidak sedikit orang yang mengalami gejala dehidrasi saat menurunkan berat badannya karena terlalu berat berolahraga sementara tidak diimbangi dengan mengkonsumsi air putih yang cukup. Dengan berolahraga dan mekan makanan yang bergizi dan bernutrisi secara teratur, berarti Anda sudah mempraktikkan cara menurunkan berat badan.