Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Mengatasi rambut rontok dapat dilakukan dengan dua cara yaitu cara alami dengan menggunakan bahan herbal alami atau mengunjungi salon-salon kecantikan untuk mendapatkan perawatan yang lebih modern dan canggih. Rambut merupakan mahkota bagi pria dan wanita, namun khusus bagi wanita rambut merupakan sesuatu yang sangat penting, bahkan para wanita rela menghabiskan banyak waktu untuk mendapatkan rambut yang indah dan tebal.

Namun terkadang rambut juga menjadi ajang untuk mengekspresikan diri sendiri baik mencontoh idola ataupun ingin merubah penampilan karena sudah bosan dengan gaya rambut yang begitu-begitu saja, seperti merubah warna rambut, meluruskan, mengeriting, atau menggunakan hairspray untuk berbagai acara. Dan ternyata kebiasaan ini dapat membuat rambut menjadi rontok. Tentu saja hal ini akan mengganggu penampilan Anda, oleh karena itu ada baiknya bila Anda menyimak uraian dibawah ini mengenai 8 cara mengatasi rambut rontok.

5 Cara Mengatasi Rambut Rontok

Berikut ini 5 cara alami mengatasi rambut rontok yang telah menjadi resep warisan turun temurun dan telah dibuktikan oleh orang tua kita, yaitu :

1. Minyak alami

Perawatan rambut dengan minyak lamai seperti minyak kemiri, minyak kelapa, minyak zaitun atau canola oil merupakan salah satu resep warisan yang telah diaplikasikan sejak zaman dahulu dan menjadi salah satu rahasia kecantikan para ratu. Caranya Anda cukup mengusapkannya pada rambut dan kulit kepala secara perlahan, setelah itu biarkan selama 1-2 jam, kemudian bilas dengan shampo.

2. Lidah buaya

Kandungan nutrisi yang ada dalam lidah buaya mampu mengembalikan tekstur sel dan jaringan kulit kepala yang mengalami kerusakan, serta mempercepat proses peremajaan sel dan jaringan rambut yang lebih sehat. Caranya Anda potong lidah buaya menjadi dua bagian, setelah itu ambil bagian dalamnya, usapkan keseluruh kulit kepala sampai ujung rambut. Biarkan selama 20-30 menit, kemudian bilas sampai bersih.

3. Bawang putih

Manfaat bawang putih untuk tubuh manusia sangatlah banyak, termasuk rambut, caranya sangat sederhana Anda cukup haluskan bawang putih, setelah itu oleskan pada bagian yang rontok atau keseluruhan kepala sebelum beristirahat dimalam hari, biarkan sampai besok pagi, dan langsung bilas dengaan shampo penyubur rambut atau yang sesuai dengan kebutuhan rambut Anda.

4. Teh hijau (antioksidan)

Teh hijau mengandung antioksidan yang tinggi sehingga sangat baik untuk kulit kepala dan dapat mengeluarkan semua racun dan radikal bebas yang berasal dari udara dan air, dan mempercepat pertumbuhan rambut. Caranya sederhana cukup seduh teh hijau dengan air hangat, setelah itu balurkan pada rambut dan kulit kepala Anda, biarkan selama 1-2 jam

5. Lakukan meditasi atau rileksasi

Umumnya rambut rontok juga merupakan dampak psikologis dari seseorang yang mengalami stress atau tekanan yang berat dalam hidupnya, sehingga menyebabkan terjadinya gangguan hormone, yang pada akhirnya membuat rambut lebih mudah rontok. Untuk mengurangi resiko terkena stress ada baiknya bila Anda melakukan meditasi atau rileksasi untuk mendapatkan ketenangan jiwa dan pikiran.

Alasan Memilih Perawatan Rambut Rontok Secara Alami

Berikut ini beberapa alasan yang membuat Anda lebih baik memilih perawatan rambut rontok secara alami, diantaraya adalah :

- Bahan-bahannya mudah didapatkan

- Dapat diaplikasikan sendiri dirumah

- Biaya yang dikeluarkan relative lebih murah

- Tidak menyebabkan efek samping negatif dimasa yang akan datang

- Bukan hanya berfungsi mengatasi rambut rontok akan tetapi juga memperbaiki kondisi kesehatan kulit kepala secara keseluruhan

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda mengenai cara mengatasi rambut rontok.