Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengendalikan Hawa Nafsu - Kata Mutiara

Mempertuhankan Nafsu adalah sesuatu yang merugikan. Jika kita tidak mampu mengendalikan nafsu, ia yang akan mengendalikan diri anda. semoga kata-kata mutiara berikut ini bisa memberikan anda inspirasi dalam melihat nafsu.

1. nafsu dapat melumpuhkan hati dan pikiran anda. Hati dan pikiran yang sehat mampu menjernihkan hafsu-nafsu anda.

2. Nafsu disatu titik tertentu adalah bahan penting untuk kebijaksanaan. Dia akan berguna jika anda tempatkan di tempat yang tepat.

3. Anda tidak perlu menghilangkan nafsu anda.biarkan ia tetap berada dalam diri anda. yang perlu anda lakukan hanyalah menguatkan hati dan pikiran anda, sehingga nafsu anda berubah menjadi kompenen penting dalam kepribadian anda.

4. jika anda hidup dibawa kendali nafsu, maka anda akan selalu berjalan ke arah yang merugikan.

5. Semua keputusan yang berdasarkan nafsu selalu merupakan keputusan yang menjerumuskan.

6. anda memiliki hati dan pikiran sebagai benteng pertahanan yang kuat. Disisi yang lain anda memiliki nafsu sebagai musuh dalam selimut.

7. Nafsu itu merugikan, karenanya belajarlah menguranginya. Nafsu juga memiliki potensi untuk kebaikan, karena itu belajarlah mengendalikannya.

8. nafsu ibarat kuda liar, jika tidak dijinakkan ia akan membanting anda.

9. Kendalikanlah nafsu anda sebelum ia mengendalikan anda. lawanlah nafsu anda sebelum ia membesar dan mustahil untuk dikalahkan.

10. Semua bermula dari pilihan. Anda bisa memilih membiasakan diri anda dengan nafsu, atau membiasakan diri anda dengan pencerahan.

11. nafsu bisa menyihir penderitaan menjadi sesuatu yang tampak indah dimata anda, tapi pada kenyataannya ia tetap jurang penderitaan.

12. penderitaan dan penyesalan yang diakibatkan oleh mempertuhankan nafsu adalah sesuatu yang nyata dan jelas untuk diperhatikan. Tapi sejelas apapun keyataan tersebut tetap tidak bisa terlihat jika benih-benih nafsu sudah tertanam dalam diri anda.

13. ada dua macam keindahan. Yang pertama, keindahan karena anda berhasil memandang dunia dengan hati anda yang jernih. Yang kedua adalah keindahan karena anda memandang dunia dengan nafsu anda. pada awalnya semua terlihat indah, pada detik berikutnya ceritanya akan berbeda.

14. setiap perbuatan yang kita lakukan adalah investasi masa depan. Terkadang kita berinfestasi pada kebaikan dan terkadang kita berinfestasi pada nafsu dan keburukan. Kelak anda akan menuai hasil dari infestasi anda.

15. lawanlah hawa nafsu anda melaui kebaikan-kebaikan kecil yang terus menerus anda pupuk.

16. nafsu hanya akan tumbuh subur pada jiwa yang lemah. Kuatkan jiwa anda, maka nafsu anda akan melemah.

17. Sebelum anda mewariskan harta kepada anak-anak anda. wariskanlah terlebih dahulu kekuatan untuk mengendalikan nafsu mereka.

18. nafsu bisa menipu mata anda sehingga semuanya terlihat indah. tapi tak bisa menipu perasaan anda, anda akan selalu merasakan penderitaan.

Semoga kata-kata mutiara bijak ini memberikan anda pelajaran terhadap mengendalikan nafsu. Sampai jumpa pada kesempatan berikutnya. Terimah kasih atas kunjungan anda.