Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kritik dan kritkan – Kata Mutiara

Kumpulan kata-kata mutiara kali ini ingin bercerita mengenai kritik. Seperti kita ketahui banyak orang menganggap kritik sebagai hal negatif, padahal kritik bisa dijadikan hal membangun. Selamat menikmati kata bijak berikut ini.

1. jika anda tidak pernah di kritik berarti anda tidak pernah melakukan suatu hal penting.

2. kritik adalah tanda bahwa anda sudah layak untuk diperhatikan. Berarti aktifitas anda sudah layak untuk memberi perubahan pada lingkungan.

3. dalam sebuah kritik, terdapat pesan untuk memperbaiki tindakannmu.

4. tidak ada orang hebat yang tidak pernah dikritik. Karena itu persiapkanlah dirimu untuk dikritik jika anda ingin menjadi orang besar.

5. jika kritik membuatmu bersedih, maka lebih baik lupakan kritik tersebut. Tapi jika kau ingin mengingatnya maka pastikan dirimu akan menjadikan kritik tadi sebuah pelajaran.

6. sebuah pujian membuat kita lebih semangat. Sebuah kritik membuat kita memperbaiki diri.

7. bagi orang hebat, tak ada kritik yang mampu mengecilkan hatinya. Tapi setiap kritik yang diterimanya justru menjadikannya lebih menjadi baik.

8. kritik dari orang bodoh, berarti anda telah diakui sebagai orang pintar. Kritik dari orang pintar berarti anda telah diakui untuk berani melakukan sesuatu.

9. kita sulit untuk melihat celah dari tindakan kita. sebuah kritik memberitahu kita dimana letak celah tersebut.

10. kritik akan menjadi hal menyenangkan jika anda mau memperbaiki diri. Kiritik akan menjadi hal menyeramkan, jika engkau memendamnyadalam kesedihan.

11. kritikan adalah hal yang sudah pasti datang. Yang tak pasti adalah: kita menjadikan kritik tersebut batu loncatan atau sebagai batu sandungan.

12. ada dua macam kritik, kritik yang dilancarkan untuk membangun kita dan kritik dengan tujuan menjatuhkan kita. tapi persamaannya adalah kedua-duanya sama-sama mampu menjadikan anda lebih baik.

13. sebuah pujian akan merugikan jika anda menjadi puas diri dan tak lagi bergerak. Kritik akan menjadi berguna jika anda menjadi serius untuk memperbaiki diri.

14. Secara sepintas kritik terdengar “anda Bersalah, anda telah gagal”. Tapi jika dicermati kritik bermakna “Anda telah keliru, cobalah cara yang lain”.

15. setiap kritik yang anda terima adalah petunjuk yang harus anda susun menjadi sebuah solusi jitu atas berbagai masalah anda.

16. seandainya kita tak pernah dikritik, maka kita tak akan mengetahui kesalahan-kesalahan kita, dan kita akan terus melakukan kesalahan tersebut.

17. sebuah kritikan menjatuhkan orang lemah, tapi justru membangkitkan orang–orang hebat.

18. tulislah seluruh tokoh-tokoh besar di dunia, nasional, dan di daerah anda. Kami yakin, anda tidak akan menemukan tokoh yang tak pernah dikritik.

19. data adalah hal penting untuk menganalisi sebauh situasi. Dan setiap kritik yang anda terima adalah data-data yang berkualitas.

20. setiap kritik pedas yang kita terima bisa dirubah kata-katanya menjadi lebih halus tanpa harus merubah maknanya. “Hey, bagaimana kalau kita menyusun ulang kata-kata kirtik tadi”?. Ubahlah ia dari kalimat caci-maki menjadi kalimat yang bebentuk saran yang indah.

Semoga kata-kata mutiara ini membuat anda terbebas dari hal negatif dari sebuah kritikan. Jadikan kirtik sebagai hal membangun, sampai jumpa di kesempatan berikutnya.